RSS
Sekedar hasil ketikan Tangan melalui Keyboard yang dapat terbaca melalui layar .. besar harapan sesuai Niatku .. Memberikan suatu perubahan atas keganjilan yang ada .. Dan Kemudian semua itu lebur menjadi satu ..

"Kartosoewirjo" dalam celotehan seorang Bank (I Love Indonesia)

Cepu, Jawa Tengah, 7 Januari 1907 menjadi awal kehidupan dari si bayi mungil Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo atau yang akrab dipanggil dengan Kartosoewirjo.

mungkin kebanyakan dari kalian mengira bahwa orang yang satu ini sudah memiliki pandangan separatis ingin membentuk negara Isalam sejak ia masih bayi. padahal menurut faktanya sejak kecil ia tak karib dengan pendidikan agama, keluarganya bukanlah islam tulen melainkan islam abangan.

jenjang pendidikannyapun tidak main-main mulai dari tingkatan rendah sampai tinggipun sudah dienyamnya, mengawali sekolahnya di Inlandsche School der Tweede Klasse, yang dikenal sebagai "Sekolah Ongko Loro", Karto kecil melanjutkan sekolah ke Hollands Inlandsche School di Rembang, Jawa Tengah. Setelah itu, dia meneruskan pendidikan ke Europeesche Lagere School, sekolah elite khusus untuk anak Belanda, di Bojonegoro, Jawa Timur. Kemudian dia melanjutkan lagi pendidikan ke Nederlandsch Indische Artsen School-biasa disebut Sekolah Dokter Jawa-di Surabaya.

awal pemikiran "kiri"nya ternyata tumbuh menjalar saat ia mengalami masa2 remajanya. saat remaja ia sudah tertarik dengan dunia politik dunia pergerakan terutama yg berhaluan "kiri", gila yee .. ga bisa banyangin gw .. sejak dini udah dipupuk .. gimana ntr pas gedenya .. wah pembangkang bangsa nh .. gw aja ga kesampean mikirin politik saat usia gw sedini kayak gini, yg terpikir di gw cuma main, becanda, molor, hang out, nonton, dan hal2 duniawi lainnya .. jarak terbesit di pikiran gw .. "eh .. belajar politik yukks ..."
ok lanjut lagi .. ternyata selidik punya selidik pandangannya akan dunia sosialisme ini berawal dari buku2 bacaannya yang dipinjamkan oleh pamannya Mas Marco Kartodikromo. Marco dikenal sebagai wartawan dan aktivis Sarekat Islam beraliran merah. akhirnya untuk meluruskan jalannya karto bergabung dengan Jong Java dan kemudian Jong Islamieten Bond.

Selanjutnya .. karto ternyata memperluas paradigmanya akan agama islam secara otodidak. bahkan nh ya .. dia belajar dari literatur-literatur yang berbahasa BELANDA .. beuhhh .. boro2 dah gw .. bahasa indonesia aja gw ngomongnya masih sering kepeleset, gimna belanda .. lidah gw kebalik kaliii .. selain dari melalui literatur2nya .. dia juga ternyata banyak berguru kepada banyak kiai2 .. Kiai (guru terbesarnya) yaitu Haji Oemar Said Tjokroaminoto beliau juga seorang ketua sarekat Islam, karto memutuskan untuk mengikuti haji oemar and mondok bersamanya.
namun sayang broooo .. semua itu ga gratiss .. ya iyalah .. kencing aja bayar .., kartopun mencari uang untuk membiayai semua beban hidupnya melali bekerja di surat kabar Fadjar Asia milik Tjokroaminoto. Ketekunan dan kecerdasan membawa Kartosoewirjo menjadi sekretaris pribadi mertua pertama Soekarno itu.

Patut dicatat, Tjokroaminoto juga dikenal sebagai guru bagi Semaoen yang beraliran komunis dan Soekarno yang beraliran nasionalis. Kesamaan tujuan untuk memerdekakan Indonesia dari penjajahan Belanda membuat mereka bersatu dan mengesampingkan perbedaan.

konon nh yaa .. kepercayaan mistis di kalangan masyarakat Jawa Barat bahwa Kartosoewirjo akan bisa menjadi Ratu Adil dan selalu menang perang jika bisa menyatukan dua senjata pusaka: keris Ki Dongkol dan pedang Ki Rompang. Kedua pusaka itu memang selalu dibawanya ketika bergerilya di hutan. wah gile nh orang .. pasti jimat kebalnya si kabayan dicuri ma dia .. jadi badannya kebal akan peluru ato dia udah 3 tahun juga di banten .. ehm .. sebuah misteri unik ..

Menyimak profil Kartosoewirjo itu, tak aneh bila ahli politik Islam, Bahtiar Effendy dan gw Bank Raff secara pribadi beranggapan bahwa karto tidak memiliki fondasi yang kuat untuk membentuk negara Isalam Indonesia .. sebenernya semua itu merupakan wujud kekesalannya dari karto akan hasil dari penjanjian Renville .. yang isinya :

  1. Belanda hanya mengakui Jawa tengah, Yogyakarta, dan Sumatra sebagai bagian wilayah Republik Indonesia
  2. Disetujuinya sebuah garis demarkasi yang memisahkan wilayah Indonesia dan daerah pendudukan Belanda
  3. TNI harus ditarik mundur dari daerah-daerah kantongnya di wilayah pendudukan di Jawa barat dan Jawa timur dan di Yogyakarta
Untuk kali ini kita freennnn karto .. sebenernya gw juga agak kesal akan isi dari perjanjian ini .. ya jelaslah ... wilayah kita menjadi lebih sempit dan jantung pertahanan kita akan melemah, dengan demikian akan lebih memudahkan belanda untuk melumpuhkan kita .. itu semua sudah kebaca saudara ku irlanderr ... ahhahahahahah (sok banget ya gw ... ), tapi sory lagi broo .. untuk mendirikan negara sendiri seperti Negara Indonesia Bank Merdeka bukanlah kemauan gw seperti u karto .. kita satu brooo .. jangan lagi dipisahkan ..

kekecewaannya akan hasil perjanjian itu pun membuat karto membelot dan ingin mendirikan negara sendiri .. (yeahh .. negara didalam negara .. ), ternyta dia tak sendiri .. banyak pengikutnya di dareah2 juga ternyata satu pandangan pada karto untuk mendirikan negara islam. seperti di aceh dipimpin oleh Daud Beureuh, di kalimantan selatan oleh Ibnu hadjar, di jawa tengah oleh Amir Fatah, di sulawesi selatan oleh Kahar Muzakar, dan karto sendiri di Jawa barat. luar biasaaaa bukannn .. hampir setengah Indonesia dikuasai broo ..

dan hebatnya lagi broo .. ada teks proklamasinya lagi .. nh :

Proklamasi NII

PROKLAMASI
Berdirinja NEGARA ISLAM INDONESIA

Bismillahirrahmanirrahim Asjhadoe anla ilaha illallah wa asjhadoe anna Moehammadar Rasoeloellah
Kami, Oemmat Islam Bangsa Indonesia MENJATAKAN:
Berdirinja ,,NEGARA ISLAM INDONESIA"
Maka hoekoem jang berlakoe atas Negara Islam Indonesia itoe, ialah: HOEKOEM ISLAM
Allahoe Akbar! Allahoe Akbar! Allahoe Akbar!

Atas nama Oemmat Islam Bangsa Indonesia
Imam NEGARA ISLAM INDONESIA


Ttd

(S M KARTOSOEWIRJO)
MADINAH-INDONESIA, 12 Sjawal 1368 / 7 Agoestoes 1949


wah dahsyat bukan .. bayangkan saudara .. menurut Infonya NII VS RIS(NKRI) berperang selama 13 tahun .. (Sumber) namun karena NII semakin terpojok dan kekuatan NKRI semakin bertambah dan bertambah .. yumpulah NII, ditambah lagi Mahkamah militer menjatuhkan hukuman mati kepadanya Perjuangan Kartosoewirjo berakhir ketika aparat keamanan menangkapnya setelah melalui perburuan panjang di wilayah Gunung Rakutak di Jawa barat pada 4 Juni 1962. Pemerintah Indonesia kemudian menghukum mati Kartosoewirjo pada September 1962. ahhahahahah .. tewas juga kauuu .. tapi sayangnya banyak penerusnya yg terpencar dan melakukannya secara underground .. (kamprettt)

sekian dulu bro .. u pada tau ga kenapa gw nulis ini .. ini sebagai pembuktian gw terhadap negeri ini .. ingat bro ucapannya Bung Karno "JASMERAH" Jangan sekali2 melupakan sejarah broo .. negara ini sudah 65 tahun melalang buana 65 tahun .. banyak kendala yang dihadapi seperti NII ini, belom lagi timor leste .. GAM , Papua Nugini , dll .. bagi gw itu semua akan membuat Negara ini semakin kuat dan takan mudah terkisis waktu ..

dan satu lagi "bangsa yang kuat adalah bangsa yang tidak melupakan jasa2 para pahlawannya .." semoga aja tulisan gw ini menginspirasi kaum muda sekalian ..

Thanks buat Om Google yang membantu saya mencari tambahan2 data .. juga buat om wikipedia NII, Renvile, Karto .. thanks ya om .. ntr saya traktir es teh manies dahh .. and satu lagi buat paman tempo yang merupakan literatur utama postingan ini


Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo

R.I.P 5 September 1962


Celotehanku pada 19/08/2010

Bank Raff

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

5 komentar:

EdwardPrast said...

Wah bank raff good job!!! I like it...Kartosoewirjo mank paten dah...hahaha

felixjody said...

Orang-orang semacam inilah yang menggerogoti persatuan dan kesatuan Indonesia dari dalam Bang.
Sejarah menunjukan bahwa pahlawan kita berjuang bersama tanpa pandang bulu tanpa pandang agama, lah ini kok malah semena-mena mau bikin negara atas dasar agama tertentu? nah lho?
Tapi sayang, masih banyak Karto-Karto lain di dalam negri ini, di zaman ini, di ulang tahun Indonesia yang ke-65 ini baik Individu maupun terselubung dalam bentuk ormas-ormas.
itulah yang sangat disayangkan ...
Btw mantab tulisannya... salam damai...

dedy -putuwijaya- said...

adik,,,tulisan yang bagus,,,geya jurnalistik yang mantab untuk menceritakan ulang dengan gaya narasi yang mudah dan mengena,,
lanjut terus,,GBU

dedy-putuwijaya-

bene krisna said...

sadis...mantaplah

Gw salut, SM Kartosoewiryo kan jarang di ekspos, tapi lw ekspos, biasanya org Soekarno, Hatta, Soedirman dkk, tp lw si Karto. Nice! :D

.pandji putranda said...

.iki siapanya mbah maridjan raff??masih sepupu barangkali?

Post a Comment